Senin, 27 Januari 2014

Cara Meningkatkan Penjualan Online : Untuk Online Shop

Bagaimana yah cara meningkatkan penjualan online? mungkin itulah pertanyaan yang sering di ajukan oleh para pelaku bisnis online shop. Memang pejualan online merupakan salah satu faktor penting dalam bisnis online shop karena dengan penjualan bisnis bisa makin tumbuh dan berkembang, sebaliknya kalau bisnis tidak ada penjualan maka bisa berpengaruh buruk terhadap perkembangan bisnis tersebut. Kenapa penjualan begitu penting untuk bisnis online? karena penjualan akan menghasilkan keuntungan yang bisa digunakan untuk membiayai operasional bisnis tersebut. Lantas bagaimana cara jitu mingkatkan penjualan online? kalau diperhatikan untuk meningkatkan penjualan online itu ada banyak faktor yang berperan. Mari kita bahas dengan lebih detail cara meningkatkan penjualan online.

Cara meningkatkan penjualan online sejatinya di mulai dari awal tahap memilih ide bisnis, banyak pelaku bisnis online yang melakukan kesalahan dalam tahap memilih ide bisnis, mereka tidak melakukan riset pasar yang berarti riset kata kunci (ide bisnis) terlebih dahulu, padahal langkah ini merupakan salah satu faktor penting yang berpengaruh terhadap cara meningkatkan penjualan online. Kalau ide bisnis atau kata kunci dan riset pesaing di riset dengan baik maka meningkatkan penjualan online bisa di bilang cukup mudah. Pertanyaannya bagiamana cara melakukan riset ide bisnis atau kata kunci dan riset pesaing? Untuk melakukan riset kata kunci dan pesaing sercara online cukup mudah di kerjakan, berikut ini caranya:

1. Riset Ide / Kata Kunci

Untuk melakukan riset ide atau kata kunci untuk bisnis, paling mudah adalah menggunakan Google Adwords Keyword Planner tool gratis dari google yang berfungsi untuk mencari data sebuah kata kunci, dengan alat ini kita bisa melihat berapa banyak orang yang mencari suatu kata kunci dalam satu bulan, trend, dsb. Untuk menggunakan Google Adwords Keyword Planner tidak akan dijelaskan di sini, karena psotingan ini difokuskan untuk membahas cara meningkatkan penjualan online, namun ini sedikit tutorialnya:

- Pertama masuk kehalaman Google Adword ( harus punya akun)
- Klik menu dropdown Tools and Analysis, klik Keyword Planner
- Klik opsi Search for new keyword and ad group ideas.
- Pada kotak Enter one of more of the following: isi dengan keyword atau kata kunci yang ingin diriset
- Pada sub heading Targeting pilih negara dan bahasa Indonesia
- Klik get ideas

Setelah klik get ideas, alat ini akan menampilkan data pencarian kata kunci perbulan, yang perlu di perhatikan adalah sebarapa besar kata kunci atau ide bisnis yang ditentukan, pointnya adalah cari kata kunci yang pencarian cukup banyak, misal di atas 1000/bulan kenapa? karena ini merupakan indikasi banyaknya orang yang mencari atau membutuhkan jasa atau produk sesuai katak kunci tersebut, jadi initnya semakin banyak orang yang mencari maka akan semakin besar kesempatan untuk meningkatkan penjualan online. Untuk belajar bagaimana cara riset dengan google adwords planner dengan lebih detail silahkan cari di google dengan mengetikan kata kunci cara pakai google adwords keyword planner.

2. Riset Pesaing

Tidak di pungkiri lagi, pesaing berkatian erat dalam meningkatkan penjualan online, semakin sedikit pesaing maka untuk mendapatkan penjualan online memiliki kesempatan yang besar, begitu pula sebaliknya. Untuk itu penting sekali melakukan riset pesaing, bagaimana caranya? Setelah riset ide bisnis dan menentukan ide bisnis atau kata kunci, untuk riset pesaing yang perlu dikerjakan adalah:

- Kunjungi google.co.id
- Ketikan ide bisnis/ kata kunci
- Lihat berapa banyak web yang muncul

Point penting dalam langkah ini adalah untuk melihat berapa banyak website yang membahas atau menjual produk atau jasa sesuai dengan kata kunci, kalau di atas puluhan juta bisa di bilang kata kunci itu cukup memilik banyak pesaing, namun kalau masih di angka jutaan bisa di katakan persaingan untuk kata kunci tersebut masih sedikit, nah inilah yang kita cari: kata kunci yang banyak dicari dan pesaingnya sedikit.

Setelah melakukan langkah riset ide bisnis dan pesaing, langkah selanjutnya adalah membuat website. Website memainkan peran penting dalam cara meningkatkan penjualan online, kenapa? yah karena kita jualan di internet sudah pasti kita butuh tempat untuk menjajakan atau mewarkan produk dan jasa, tempat itu adalah website atau blog. Untuk membangun web ecommerce yang sukses, hindarilah hal berikut:

1. Navigasi Berantakan
Navigasi website merupakan pentunjuk jalan bagi calon pelanggan, jadi penting sekali untuk membuat navigasi web sesederhana mungkin agar pengunjung tidak bingung dan membuang waktu, kalau navigasi web terlalu ribet efeknya pengunjung akan pergi, penjualan pun akan melayang. Seperti sebuah toko di dunia nyata, tampilan situs web toko online harus rapih dan sederhana bersih dari widget dan iklan-iklan pop-up yang mengganggu.

2. Service Buruk

Service atau layanan pelanggan merupakan salah satu faktor terpenting dalam meningkatkan penjualan online, kalau toko online menerapkan service yang tidak memuaskan, seperti lambat memberikan respon, bisa dipastikan penjualan akan sulit di dapat, hal ini karena pelanggan yang tidak puas akan membeitahu teman-temanya agar tidak belanja di toko tersebut, sebaliknya kalau toko online mempunyai pelayanan pelanggan yang baik, maka dengan sendirinya pelanggan yang puas akan dengan senang hati merekomendasikan toko online tersebut, jadi intinya jangan sampai menerapkan service yang buruk, lalu bagaimana service yang baik itu? sederhanaya adalah menepati janji apa yang sudah di tawarkan dan merespon dengan cepat pertanyaan dari calon pelanggan, kecepatan dalam dunia online itu sangat penting, jawablah pertanyaan dari calon pelanggan secapat meungkin, ini menandakan pelayanan yang prima.

3.Deskripsi produk berlebihan

Memposting produk dengan mendeskripsi yang berlebihan justru bisa menjadi bumerang, karena bisa dianggap menipu. Pada dasarnya prinsip bisnis yang harus dipegang untuk meningkatkan penjualan online adalah jangan sekali-sekali membohongi penunjung situs.

4. Tidak Miliki banyak rekening bank

Proses pemabayaran merupakan faktor penting dalam proses penjualan, karena pelanggan biasanya memiliki rekening yang berbeda untuk memudahkannya, buatlah no rekening di beberapa bank yang berbeda. Hal ini akan sangat memudahkan konsumen untuk melakukan pembayaran, jangan salah ada banyak kasus dimana calon konsumen sudah berniat membeli namun membatalkannya hanya gara-gara masalah no rekening, mereka malas ribet!

5. Petunjuk pembelian yang tidak jelas

Jangan sampai calon pelanggan kebingunan ketika akan melakukan order hanya karena petunjuk pembelian tidak jelas. Untuk hindari kebingungan, jelaskan cara membeli dengan detail, apa yang harus dilakukan, bagaimana cara konfirmasi pemabayaran ,dsb.

6. Tidak ada perincian harga barang dan ongkos kirim

Setelah calon pembeli pesan produk, berikan konfirmasi mengenai harga dan ongkos kirim. Berikan rincian harga barang dan ongkos kirim dengan jelas. Karena kadang ada perbedaan jarak yang menyebabkan perbedaan tarif. Jangan sampai merugikan salah satu pihak.

Cara Meningkatkan Penjualan Online


Setelah mengupas cara riset pasar dan apa yang perlu dihindari dalam membuat toko online, sekarang saatnya untuk membahas cara meningkatkan penjualan online. Bicara cara meningkatkan penjualan online tidak akan lepas dari kegiatan promosi, ya tanpa promosi penjualan online akan susah sekali di dapat, dengan promosi saja kadang kala penjualan belum sesuai target yang di tentukan, untuk itulah penting sekali melakukan promosi untuk meningkatkan penjualan online, lalu bagaimana cara promosi untuk meingkatkan penjualan online? promosi berkaitanan erat untuk mempopularkan sebuah toko online, semakin terkenal toko online tersebut maka untuk meningkatkan penjualan akan semakin mudah, ada banyak caranya seperti misalnya menggunakan media berikut ini :

- Blog Marketing

Lewat media blog, kita sebagai pemilik toko online dapat menuliskan sesuatu yang menarik, unik, menghibur, dan berguna bagi pengunjung. Postinglah hal-hal yang tidak melulu mempromosikan produk, sebagai gantinya postinglah tulisan yang mengedukasi pembeli terkait bidang bisnis yang digeluti. Dengan membuat konten yang bermanfaat, kita akan dipandang sebagai pemilik toko online yang memang kredibel, efeknya dapat menambah pengunjung dan meningkatkan penjualan.

- Artikel Marketing

Ulasan di media massa online yang terkenal dan kredibel sangatlah efektif untuk mempopulerkan nama toko online. Media massa dianggap sebagai pihak yang independen sehingga akan meliput dan menulis artikel yang memang sesuai dengan kondisi sebenarnya, selain itu media massa yang terkenal memiliki jutaan pembaca, jadi bisa dipastikan ulasan tentang toko online kita akan di baca oleh pembca mesia massa tersebut. Jika kita mampu menjadikan toko online kita diulas oleh media online, bisa dipastikan merek bisnis toko online kita akan dikenal luas. Ini merupakan cara otomatis untuk menigkatkan penjualan dan popularitas toko online.

- SEO Marketing

SEO atau seacrh engine optimization merupakan salah satu teknik marketing yang dangat tekenal, teknik seo ini bisa memberikan pengunjung gratis yang datang dari mesin pencari. Pada intinya teknik SEO ini mempunyai dua komponen yaitu off page ( kode dalam website ) dan off page ( links ) plus konten yang unik dan bermanfaat. Kalau toko online kita menerapkan teknik SEO dengan baik kemungkinan meningkatnya penjualan makin besar.

- Video Marketing

Semakin banyaknya pengguna aktif YouTube merupakan pangsa pasar potensial untuk promosi. Mengupload video di youtube dapat menjadi alat pemasaran online yang efektif, ini biasa di sebut video marketing, triknya adalah membuat video yang berkualitas baik yang isinya tentang produk yang di kemas semenarik mungkin, trik lainya adalah mencantumkan alamat toko online dalam setiap video produk yang diunggah di YouTube.

- Gambar / Infographic

Penelitian menghasilkan fakta yang membuktikan bahwa sebuah gambar dapat menstimulus otak lebih cepat dibandingkan dnegan tulisan. Inilah yang menyebabkan dunia periklanan dan bisnis online lebih banyak menggunakan gambar di media sosial dalam berpromosi.


- Mobile marketing

Pengguna smartphone di Indoenesia semakin meningkat pesat, ini merupakan salah satu pasar yang bagus untuk promosi. Kita perlu membuat toko online kita mudah ditemukan pembeli melalui smartphone, salah satu caranya adalah lewat desain toko online untuk ponsel atau mobile site, ini merupakan cara bagus untuk meningkatkan pejualan karena pengguna smartphone lebih mungkin membeli dari pada pengunjung yang datang dari mesin pencari.

- Media sosial Marketing
Salah satu media sosial yang sangat bagus untuk promosi adalah facebook, kenapa pilih facebook? salah satu alasannya adalah pengguna facebook di Indonesia mencapai 43 juta, terbesar ketiga di dunia, ini merupakan pasar yang sangat bagus untuk promosi.

Bagaimana cara meningkatkan penjualan online lewat promosi di facebook? tunggu update selanjutnya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar