Sabtu, 28 September 2013

Google Update Algoritma Baru - Hummingbird

Google Rilis Search Algoritma "Hummingbird" - Sobat kemarin di undang sama si mbah google? ya kemarin si mbah yang kita cintai ini merayakan ulang tahun ke 15 yang jatuh pada tanggal 27 September, bersamaan dengan itu si mbah google mengumumkan telah merilis algoritma pencarian baru namanya "Hummingbird", algoritma ini dirancang khusus untuk menangani query yang kompleks.

Seperti biasanya kalau ada update dari algoritma google, kita sebagai blogger dan praktisi SEO kepengin tahu apa itu Algoritma "Hummingbird" dan bagaimana efeknya terhadap blog kita, betulkan sob? apalagi buat blogger yang sedang ngebut balapan SEO. Nah kebetulan sekali ane baru baca di web  Searchengine Land tentang Algoritma Hummingbird, berikut ini penjelasan seputar Algoritma Hummingbird menurut Danny Sullivan.

Apa itu "Hummingbird" ?

Hummingbird adalah nama algoritma pencarian baru google, seperti update algoritma sebelumnya, Algoritma Hummingbird  bertujuan untuk mengembalikan hasil pencarian yang lebih baik.

Kapan Hummingbird dimulai?

Google mulai menggunakan Hummingbird sekitar sebulan yang lalu. Google baru mengumumkan perubahan ini kemarin.

Apakah itu berarti bahwa Hummingbird sekarang sedang digunakan?

Danny Sullivan menggambarkan seperti ini " Pikirkanlah sebuah mobil yang dibuat pada tahun 1950. Mobil ini mungkin memiliki mesin yang sangat bagus, tetapi mungkin juga menjadi mesin yang tidak memiliki hal-hal seperti injeksi bahan bakar atau tidak dapat menggunakan bahan bakar tanpa timbal. Ketika Google beralih ke Hummingbird, itu seolah-olah mencabut mesin tua keluar dari mobil dan memasukan yang baru. Pengantian ini dilakukan begitu cepat."


Kapan terakhir kali Google mengganti algoritma dengan cara ini?

Pada tahun 2010, "Update Kafein" merupakan perubahan besar yang dimaksudkan untuk membantu Google lebih baik dalam mengumpulkan informasi (indexing) daripada memilah-milah informasi. Amit Singhal Google search chief mengatakan kepada Danny Sullivan, mungkin 2001 ketika pertama kali ia bergabung dengan perusahaan, terakhir kali algoritma begitu dramatis ditulis ulang.


Bagaimana dengan update Penguin, Panda dan lainnya ?

Panda, Penguin dan pembaruan lainnya merupakan bagian dari perubahan algoritma yang lama, tapi bukan mengganti  keseluruhan. Hummingbird adalah mesin baru, meskipun masih terus menggunakan beberapa bagian yang lama, seperti Penguin dan Panda.

Mesin baru ini menggunakan bagian-bagian lama?

Ya. Dan tidak. Beberapa bagian-bagian sangat baik, sehingga tidak ada alasan untuk dibuang. Bagian lain ada yang terus-menerus diganti. Secara umum, Hummingbird - Google menyebutkan - adalah mesin baru yang dibangun pada kedua bagian lama dan baru, diatur terutama untuk melayani kebutuhan pencarian zaman sekarang.

Apa jenis aktivitas pencarian "baru" yang Hummingbird hasilkan?

Ada tiga pilar yaitu memberikan jawaban, bercakap-cakap, dan mengantisipasi/mengerti. "Pencarian Conversational" adalah salah satu contoh terbesar. Pencarian Conversational sudah aktif di google Chrome.

Hummingbird lebih fokus pada makna di balik kata-kata. Mungkin Hummingbird  mengartikan "iPhone 5s" sebagai jenis tertentu dari perangkat elektronik yang diusung oleh toko-toko tertentu. Mengetahui semua makna ini dapat membantu Google melampaui menemukan halaman yang hanya dengan kata yang cocok.

Misalnya orang mengetikan “What’s the closest place to buy the iPhone 5s to my home?” Sebuah mesin pencari tradisional mungkin berfokus untuk menemukan yang kata-kata cocok - menemukan halaman yang mengatakan "buy" dan "5s iPhone,"

Secara khusus, Google mengatakan bahwa Hummingbird lebih memperhatikan setiap kata dalam query, memastikan bahwa seluruh permintaan - seluruh kalimat atau percakapan atau makna - diperhitungkan, bukan hanya kata-kata tertentu. Tujuannya agar halaman yang maknanya cocok berbuat lebih baik, daripada halaman yang cocok hanya beberapa kata saja.

Apakah ini berarti SEO sudah mati?

Tidak, SEO belum  mati. Bahkan, Google mengatakan tidak ada yang baru atau berbeda mengenai SEO jadi publishers  perlu khawatir. Pedoman SEO tetap sama, ia mengatakan: buat  konten asli dan berkualitas tinggi. Signals SEO yang  penting di masa lalu dengan munculnya Hummingbirdsignal tersebut masih tetap penting, Hummingbird hanya memungkinkan Google untuk memproses mereka dengan cara baru dan diharapkan dengan hasil lebih baik.

Source : Danny Sullivan - Searchengineland.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar