Sabtu, 14 September 2013

Inilah Faktor Yang Mempengaruhi SEO & SERP

SEO ya setiap orang yang punya blog atau baru mulai blogging akan mengenal kata ini, dan dengan tekun melakukan SEO, kenapa? karena SEO dapat menjadikan web atau blog kita berada dalam posisi bagus di search engine,dengan begitu pengunjung gratis akan kita dapatkan, enak to.. tapi yang perlu diketahui adalah bagimana mengoptimalkan blog secara efisien dengan usaha yang minim? ada banyak faktor yang mempengaruhi SEO dan hasil SERP dan setiap mesin pencari punya code sendiri untuk menentukan hasil pencarian terbaik.

Si mbah Google sendiri punya 200 faktor yang menentukan peringat blog, kalau mau memenuhi 200 faktor itu sepertinya mustahil. Namun ada beberapa faktor yang sangat menentukan dan kalau kamu mengerjakan ini, peringkat blog dan pengjung gratis bisa dengan sendirinya, mau? baiklah berikut ini faktor SEO yang paling berpengaruh dan bisa memberikan hasil cepat.

1. Riset Keyword

Salah satu sumber yang memberikan pengunjung terbanyak dan gratis ke blog kita adalah mesin pencari seperti google, untuk itu kita perlu melakukan riset keyword atau kata kunci sebelum membuat blog atau bikin artikel. Bagaimana melakukan riset kata kunci? ada beberapa alat gratis yang bisa di gunakan untuk riset keyword, seperti: google keyword planner dulunya bernama google keyword tool, untuk menggunakan alat ini kamu harus masuk dulu ke akun google adwords.

Luangkan waktu untuk meneliti kata kunci yang mau ditargetkan untuk bisnis kita, teliti berapa banyak orang yang mencari dan cek pesaingnya di google. Pilihlah kata kunci yang banyak pencarinya dan sedikit pesaingnya, kenapa? kalau memilih kata kunci yang persainganya ketat maka dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengoptimalkan blog atau artikel kamu.

Setelah menemukan kata kunci yang tepat, jadikan kata kunci judul home page blog, atau kalau bikin artikel, letakkan kata kunci di judul artikel.


2. Kulaitas Konten

Hal terpenting dalam peringkat SERP dan SEO adalah kulitas konten blog dan juga artikel. Sekarang ini mesin pencari sudah sangat pandai membedakan konten yang berkualitas dengan konten sampah. Google Panda merupakan contoh nyata bagiamana mesin pencari menghapus blog yang memiliki konten kualitas rendah atau konten hasil copy paste, hal terpenting yang perlu dingat adalah mesin pencari selalu menginginkan:

- Konten Unik (bukan copy paste)
- Konten yang bermanfaat (Konten Informatif)

3. Konten Marketing

Banyak ahli berpendapat konten marketing sebagai trik "Masa Depan SEO". Konten marketing sangat bermanfaat karena dapat membawa pengunjung, backlink dan otoritas pada blog kita. Tapi menjalankan trik konten marketing memperlukan banyak usaha, tidak ada jalan pintas untuk itu.

Kita harus membuat konten informatif dan bermanfaat dan menyebarkan melalui media sosial dan press release. Kalau pembaca menyukai konten kita otomatis mereka akan berbagi di media sosial seperti facebook atau twitter, dengan alami blog kita akan meningkat nilainya di mata search engine.

4. Fresh Konten

Search engine suka sekali dengan konten baru begitu juga dengan pemabaca blog kita. Untuk itu penting sekali untuk update blog minimal satu minggu sekali lebih sering lebih baik, kenapa? karena search engine menentukan frekuensi perayapan terhadap blog kita berdasarkan seberapa sering kita memperbarui atau memposting artikel baru pada blog, semakin sering update maka searh engine lebih sering merayapi blog kita.

Untuk membuat blog kita selalu update, bisa dilakukan dengan beberapa cara, seperti misalnya:

- Posting konten baru secara konsisten.
- Edit konten lama dan buat beberapa perubahan.

5.Authority ( keragaman dan popularitas link )

Cara membangun atau menaikkan Authority blog kita adalah dengan mendapatkan links dari situs yang terkenal dan memiliki Authority yang tinggi. Selain itu kita juga perlu mendapatkan link dari banyak situs dengan domain berbeda yang menjadi niche blog kita, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan:

- Manjadi guest blogger di blog terkenal dengan topik yang berhubungan dengan blog kita.

- Share document dan infographics yang mencantumkan url blog kita ke web seperti slideshare, dostdoc, dsb.

6. Social Signals

Social Signals mengacu pada bagiamana konten blog kamu di perlakukan oleh pembaca di media sosial. Apakah mereka me like dan share di facebook dan re twet di twitter atau memberi G +1, ini dapat sangat mempengaruhi peringkat blog kita di serach engine, lalu bagaimana biar pembaca dengan rela melakukan like, share, memberi +1?

- Membangun group dari niche blog kamu dan bangun hubungan di media sosial.

- Like artikel orang lain, siapa tahu dia balas like :)

7. Usia Domain

Usia domain juga merupakan salah satu faktor  penting dalam peringkat SEO. Semakin tua umur domain search engine akan memberi kepercayaan lebih. Hal ini karena mesin pencari berasumsi bahwa jika domain sudah berumur sekian bulan atau beberapa tahun akan memiiki nilai Authority yang bagus.

8 Bounce Rate

Bouncing Rate merupakan faktor penting dalam SEO dan search engine sangat memperhatikan hal ini. Bouncing berarti jika pembaca datang ke halaman blog kita dan pergi seketika atau tidak berlama-lama di blog kita, bisa menyebabkan tingkat bouncing blog kita bisa menjadi 100%. Search engine menganggap bahwa pembaca tidak menyukai artikel atau tidak puas dengan informasi yang ada di blogk kita. Bagimana caranya supaya blog kita bouncing rate nya rendah? cobalah cara berikut ini:

- Membuat situs yang interaktif (menambahkan poling, kontes)
- Tambahkan video dan gambar menarik
- Navigasi yang mudah dan sederhana

Jadi pada intinya untuk medapatkan peringkat yang bagus di mesin pencari adalah membuat konten yang berkualitas, bermanfaat bagi pembaca dan fokuskan membuat konten untuk manusia bukan mesin pencari. Kalau pembaca merasa konten kita bermanfaat atau menghibur dengan sendirinya merka akan betah di blog kita dan mungkin akan berbagi di media sosial. Wasallam :)
Refrensi : Etechdiary

Tidak ada komentar:

Posting Komentar