Selasa, 17 September 2013

Tips Cara Agar Loading Blog Lebih Cepat

Waktu loading blog sekarang ini menjadi faktor penting dalam SEO, ini ada hubungannya dengan bounce rate ( Bounce rate adalah persentase pengunjung yang meninggalkan blog agan setelah hanya membuka satu halaman blog saja), dimana kalau blog kita waktu loadingnya lama akan menimbulkan efek bounce rate yang tinggi, efeknya dalam SEO adalah search engine memandang blog kita tidak di sukai oleh pengunjung, efek di SERP, blog kita akan menurun. Jadi penting sekali untuk menjadikan blog kita loading nya cepat, bagaimana caranya biar blog loading nya cepat? Berikut beberapa tips yang bisa agan gunakan untuk mengoptimalkan kecepatan loading blog agan.

1. Hindari JavaScript
JavaScript bisa menyebab kecepatan loading halaman blog menjadi lambat. Cobalah agan hapus kode JavaScript yang tidak diperlukan. Jangan bikin link ke situs eksternal untuk menyimpan kode JavaScript, kalau agan dapat menyimpannya di dalam blog. Agan dapat menyimpan semua kode JavaScript dalam template menggunakan kode di bawah ini:
<script type=’text/javascript’>
//<![CDATA[
Paste Kode JavaScript Kamu disini
//]]>
</script>
 Ganti teks "Paste Kode JavaScript Kamu disini" dengan kode JavaScript yang ingin agan simpan.


2. Widget dan Social Media Buttons
Widgets dan tombol media sosial memang sangat penting tetapi kalau terlalu banyak tombol media sosial dan widget yang tidak perlu bisa menyebabkan loading blog jadi lambat. Cobalah agan buang widget yang tidak benar-benar diperlukan dan gunakan tombol media sosial dengan bijak.

3. Ukuran Image
Setting ketinggian dan lebar image dalam postingan dengan ukuran yang tepat karena membantu browser untuk memuat gambar lebih cepat.

4. Jangan Gunakan Gambar Sebagai Latar Belakang
Jika template blog agan menggunakan gambar sebagai latar belakang, perlu segera di buang, kenapa? gambar latar belakang bertanggung jawab menyebabkan kecepatan loading jadi lambat.

5. Kurangi Iklan 

Iklan banner yang bi buat dengan kode JavaScript menyebabkan loading blog jadi lambat, jadi kalau blog agan mau loadingnya cepat, kurangi space iklan.

6. Jumlah Postingan Pada Home Page
Seting jumlah postingan yang ada pada hompage tidak lebih 4-7 posting saja, kenapa? karena jika agan menggunakan terlalu banyak maka akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk memuat. Loading home page yang cepat membuat pengunjung bahagia dan mereka akan tinggal di blog agan lebih lama.

7. Gunakan Template Blogger yang SEO Friendly
Gunakan template blogspot yang menerapkan SEO friendly, silahkan cari di google, ada banyak blogger dari Indonesia yang membuat template blogger seo friendly, termasuk template blog ini.

Bagaimana Caranya Mengecek Kecepatan Loading Blog?

Ada banyak alat yang tersedia di internet yang dapat digunakan untuk memeriksa waktu atau kecepatan loading blog. Agan bisa menggunakan tools dibawah ini:
- Google Insight PageSpeed
- Pingdom Tools

Tidak ada komentar:

Posting Komentar